10 Obat Alami Untuk Menyembuhkan Penyakit Diabetes Dan Cara Meramunya

[10 Obat Alami Untuk Menyembuhkan Penyakit Diabetes Dan Cara Meramunya]

Ada banyak sekali penyakit berbahaya yang sewaktu-waktu dapat mengancam kesehatan tubuh kita, salah satunya adalah penyakit diabetes. Penyakit diabetes atau yang sering disebut sebagai penyakit kencing manis merupakan suatu penyakit metabolik yang bisa menyebabkan adanya peningkatan kadar gula atau kandungan glukosa di dalam darah.

Penyakit diabetes terbagi menjadi tiga jenis, yakni diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 dan juga diabetes getasional. Untuk lebih jelasnya, dapat disimak pada informasi di bawah ini:

  • Penyakit diabetes tipe 1, merupakan kondisi daya tahan tubuh yang cenderung menyerang dan menghancurkan sel-sel beta yang terdapat pada organ pankreas sebagai penghasil hormon insulin.
  • Penyakit diabetes tipe 2, merupakan kondisi dimana sel-sel beta yang ada pada organ pankreas tidak lagi memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang cukup.
  • Penyakit geastesional, merupakan kondisi dimana terjadi peningkatan gula / glukosa di dalam darah ketika terjadi kehamilan.

Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang berbahaya, yang mana setiap tahunnya banyak orang yang menjadi korban akibat terjangkit oleh penyakit ini. Oleh karena itu, pengobatan harus segera dilakukan. Selain dengan melakukan pengobatan secara medis, penyakit diabetes juga dapat disembuhkan menggunakan cara yang alami, yakni dengan menggunakan obat diabetes alami.

Akan lebih baik, jika pengobatan dilakukan sebelum kondisi penyakit diabetes yang dialami menjadi semakin parah. Maka dari itu, kita harus mengetahui dan mengenali seperti apa gejala dari penyakit diabetes.

Untuk beberapa penyakit diabetes yang sering dialami secara umum, adalah sebagai berikut:

  1. Biasanya penyakit pradiabetes / diabetes tipe 2 tidak menunjukkan gejala awal, sedangkan untuk gejala diabetes tipe 1 akan berkembang begit cepat.
  2. Gejala yang akan sering dialami adalah sering merasa haus, meningkatnya intensitas untuk buang air kecil, mudah lelah, berat badan turun tanpa sebab, sering merasa lapar secara ekstrim dan pandangan atau pengelihatan menjadi kabur.
  3. Jika kondisi penyakit diabetes semakin parah, maka gejala yang ditunjukkan adalah: luka lama untuk mengalami proses penyembuhan dan sering menglami infeksi pada gusi, kulit hingga vagina (pada wanita).

Jangan beranggapan bahwa penyakit diabetes hanya akan mengancam orang dewasa, karena penyakit ini bisa menjangkiti siapapun. Sebab, untuk penyakit diabetes tipe 1 biasanya akan berkembang pada usia berapa pun, termasuk saat usia kanak-kanak hingga remaja. Kemudian untuk diabetes tipe 2, merupakan jenis penyakit yang sering terjadi pada usia dewasa, terutama pada usia di atas 40 tahun.

Dimana-mana mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Untuk pencegahan bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, dengan cara memperhatikan pola makan, jadwal makan, keseimbangan, jenis makanan hingga kandungan gizinya. Hindari pula kebiasaan yang tidak sehat, seperti merokok, mengkonsumsi alkohol, sering mengkonsumsi makanan manis, bermalas-malasan dan kurang tidur.

Tak hanya disebabkan karena pelaksanaan pola hidup yang tidak sehat saja, karena penyakit diabetes juga dibabkan karena adanya faktor genetic atau keturunan dari orang tua, yang mana bisa dikatakan sebagai penyakit bawaan dari lahir. Biasanya hal ini memang tak bisa terhindarkan, sehingga satu-satunya cara yang harus dilakukan, tentu dengan melakukan metode pengobatan. Selain dengan menggunakan metode pengobatan medis, juga harus diimbangi dengan menggunakan / mengkonsumsi obat diabetes alami.

Walaupun banyak yang beranggapan bahwa diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang tidak bisa disembuhkan, namun percayalah bahwa setiap penyakit pasti ada obatnya. Sebab, metode / proses penyembuhan dari pengobatan penyakit diabetes bisa dilakukan dengan menurunkan kadar gula di dalam darah dan meningkatkan produksi hormon insulin. Kedua hal tersebut bisa dilakukan dengan mengkonsmsi obat diabetes secara alami secara rutin dan juga teratur.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang memiliki banyak kekayaan alam melimpah ruah. Yang mana, beberapa diantaranya ternyata dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Berikut ini adalah 10 obat alami untuk menyembuhkan penyakit diabetes dan cara meramunya:

 

  1. Kunyit

Secara umum, kunyit banyak digunakan sebagai salah satu komponen pelengkap sebuah masakan. Namun, berdasarkan penelitian yang ada, ternyata kunyit memiliki kemampuan untuk mengndalikan kandungan glukosa berlebih di dalam darah. Terlebih lagi, kandngan zat antioksidan yang ada pada kunyit berperan untuk meningkatkan efek anti-diabetes dari dalam tubuh.

Inilah cara pengunaan kunyit sebagai obat diabetes alami:

  • Ambilah 1 rimpang kunyit yang telah dikupas dan dicui, kemudian tambahkan setengah sendok garam
  • Rebus di dalam satu liter air hingga mendidih, saring air rebusan tersebut dan biarkan hingga dingin
  • Setelah dingin, minum air rebusan tersebut. Cukup minum setengahnya saja
  • Minumlah secara teratur, dua kali dalam sehari
  1. Buncis

Pasti Anda pun sudah tak merasa asing lagi dengan buncis, yakni salah satu sayuran yang sering diolah dengan cara ditumis ataupun dijadikan sebagai sup. Sayur bunci juga telah banyak dijadikan sebagai obat herbal diabetes, terutama untuk diabetes kering. Di dalam buncis terdapat kandungan B-Sitosterol yang memiliki kemampuan untuk menstimulasi produksi hormon insulin dalam jumlah yang cukup. Selain itu, sayur buncis juga memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar gula berlebih yang ada di dalam darah. Berikut ini cara pembuatan buncis sebagai salah satu obat diabetes alami:

  • Siapkan 500 gr / setengah kilo buncis yang telah dicuci bersih
  • Rebuslah menggunakan 2 gelas air bersih, biarkan mendidih dan minum ramuan tersebut sebelum tidur.
  • Untuk cara lain, Anda bisa memakannya langsung secara mentah. Atau bisa juga mengkonsumsinya sebagai jus buncis tanpa gula.
  1. Daun Kemangi

Selain digunakan sebagai lalapan, ternyata dau kemangi juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit diabetes. Daun kemangi memiliki kandungan berupa suatu zat yang berguna untuk mmbantu proses sekresi hormon insulin di dalam tubuh, sehingga kandungan kadar gula akan selalu dalam keadaan yang stabil. Untuk menjadikannya sebagai obat, tak perlu dibuat menjadi ramuan, karena cukup konsumsi mentah sebagai lalapan, namun pastikan bahwa tingkat kebersihannya selalu terjaga ya.

  1. Daun Sirsak

Daun yang satu ini sudah teruji secara klinis berguna untk membantu proses penyembuhan berbagai macam penyakit, termasuk diabetes. Cara pembuatan ramuan obat dari daun sirsak ini pun mudah untuk dilakukan, yakni;

  • Ambil 5 – 7 lembar daun sirsak
  • Cuci dengan bersih dan rebuslah dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya
  • Minumlah selagi hangat
  1. Brotowali

 Tanaman ini memiliki rasa yang pahit. Namun tanaman brotowali sering dijadikan sebagai bahan obat, termasuk untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Adapun cara pembuatannya meliputi:

  • Ambilah batang dari tanaman brotowali, kira-kira berukuran 10 cm
  • Tambahkan satu genggam akar tanaman papaya
  • Cuci bersih keduanya, kemudian rebus hingga mendiidh
  • Angkat dan biarkan hingga dingin, lalu minumlah secara teratur
  1. Daun Pegagan

Daun pegagan atau Cantella Asiatica merupakan tanaman yang tumbuh seperti rumput liar. Hanya saja, daun jenis ini lebih banyak tumbuh di area perkebunan, tebi jalan, ladang hingga di pematang sawah. Tanaman ini mudah dikenali dari warna daunnya yang hijau berbentuk bundar / bulat. Salah satu manfaat ari daun pegagan adalah, berguna untuk menyembuhkan penyakit diabetes karenda di dalamnya terdapat kanudngan anti bakteri dan anti racun. Caranya adalah:

  • Ambil beberapa lembar daun pegagan (berjumlah ganjil)
  • Cuci bersih dan rebus menggunakan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya
  • Minumlah ramuan tersebut secara teratur
  1. Mahkota Dewa

 Jenis tanaman herbal lainnya yang juga telah terbukti ampuh untuk menyembuhkan penyakit diabetes, adalah mahkota dewa. Adapun, beberapa hal yang harus dilakukan adalah:

  • Siapkan 4 sampai 5 tangkai tanaman mahkota dew
  • Siapkan 3 lembar daun salam
  • Cucilah kedua bahan tersebut, kemudian rebus menggunakan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya
  • Minum air rebusan tersebut setiap hari
  1. Gingseng

Sejak jaman dahulu, gingseng telah digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit kronis, termasuk untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Tak perlu menjadikannya sebagai ramuan, untuk bisa menstabilkn kadar gula di dalam darah, Anda perlu mengonsumsinya secara langsung dengan cara ditambahkan dalam sup dan dijadikan minuman wedang gingseng tanpa gula.

  1. Daun Sambiloto

Tanaman ini memiliki daun yang memiliki rasa pahit, tapi daunnya begitu berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kronis, termasuk untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Di dalam daun sambiloto memiliki kandungan flavonoidd yang berfungsi untuk memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup. Untuk pengkonsumsian sebagai obat, daun ini bisa diolah menjadi sayur atau bisa juga direbus dan diambil airnya untuk diminum.

  1. Buah Mengkudu

 Di dalam buah mengkudu ditemukan terdapat kandungan zat proxeroni yang merupakan zat yang bisa membantu proses pembentukan alkaloid. Alkaloid sendiri adalah zat yang berfungsi untuk membuka pori-poris sel, sehingga nutrisi yang masuk menjadi mudah terserap oleh tubuh. Dari kemampuannya ini, menjadikan buah mengkudu berperan efektif sebagai obat diabetes. Adapun cara pembuatannya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 1 buah mengkudu yang telah dicuci bersih (tak perlu dikupas)
  • Blender / hancurkan buah mengkudu
  • Saring untuk diambil airnya
  • Masukkan air ekstrak buah mengkudu di dalam gelas
  • Apabila tak tahan dengan bau dan rasanya yang begitu menyengat, maka bisa tambahkan sedikit madu
  • Kemudian minum secara teratur

Semua obat diabetes alami tersebut mudah didapatkan dan mudah sekali dibuat, apalagi tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk memperolehnya. Hanya saja, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu mengkonsuminya secara teratur. Pengobatan alami sering kali dijadikan sebagai alternatif jitu yang lebih aman, karena tak memiliki efek samping apapun, walau dikonsumsi dalam jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + eleven =